Rabu, 20 April 2011

Agama dalam pengertian fungsional lebih cenderung bagaimana keinginan masyarakat dan apa saja yang hendak dicapainnya dengan memahami agama yang mereka percayai. Tentang bagaimana tingkah laku dari anggota atau kelompok tertentu dalam jalan tercapainya apa yang dikehendaki dalam kehidupan masyarakat. Tujuan dari pendekatan fungsional ini adalah bahwa apa saja yang dilakukan oleh anggota dari kelompok agama maupun atas nama agama tersebut adalah sebagai upaya mensucikan diri dan mengharmonisasikan jiwa mereka dengan alam semesta, mengagungkan Tuhan dan melaksanakan kehendakNya secara lebih sempurna. Tentu saja setiap individu dalam mencapai tujuannya kadaang berbeda-beda caranya. Namun pada akhirnya akan terlihat bahwa bagaimana merekan menjalankan agamanya sebagai suatu yang fungsional.


Agama menurut definisi substansi atau dasarnya adalah sangat berbeda-beda sesuai pendapat beberapa ahli diantaranya:
Cicero mengatakan bahwa agama adalah anutan yang menghubungkan antara manusia dengan Tuhan.
Emmanuel Kant mengatakan bahwa agama adalah perasaan kewajiban melaksanakan perintah-perintah Tuhan.
Spencer mengemukakan bahwa agama adalah suatu iman yang menyebabkan kekuasaan yang tak terbatas atau kekuasaan yang tidak bisa digambarkan batas waktu dan tempatnya.
EB. Taylor mengemukakan bahwa agama adalah keyakinan tentang adanya makhluk spiritual (roh-roh).
Dan masih banyak lagi pendapat-pendapat lain. Namun pada dasarnya agama itu menuntun manusia untuk selalu berbuat baik sesuai dengan apa yang telah Tuhan pedomankan kepada mereka.

Agama dalam definisi simbolis merupakan seperangkat alat atau tata cara beribadah dalam rangka mendekatkan diri dengan Tuhannya. Tata cara dan ibadah itu memiliki nilai religius yang tinggi dan merupakan ritual yang harus dilakukan dalam rangka mendekatkan diri dan mencari ketenangan jiwa kepada Tuhannya. Ketaatan maupun rasa yang terjadi dalam jiwa kadang sulit untuk diekspresikan maka dibuatlah simbolisasi dari Tuhan atau sebagai aplikasi dari ketaatan terhadap Tuhan.

0 komentar:

Posting Komentar